Kliping Berita 05 November 2021

Berita Utama

Ekonomi

Pertumbuhan Ekonomi Diprediksi Tumbuh 3,48% di Kuartal III-2021
Pertumbuhan ekonomi kuartal III-2021 diperkirakan mencapai 3,48% (year on year /yoy). Namun capaian tersebut turun jika dibandingkan kuartal sebelumnya sebesar 7,07% yoy. Ekonom Bank Permata Josua Pardede mengatakan pertumbuhan konsumsi rumah tangga diperkirakan berkisar 3,44% yoy dari kuartal sebelumnya 5,93% yoy. Perlambatan laju pertumbuhan konsumsi rumah tangga dipengaruhi oleh penurunan mobilitas masyarat sepanjang kuartal III dibandingkan dengan kuartal II, mengingat pemerintah memberlakukan PPKM Darurat yang dilanjutkan PPKM Level 3&4 pada kuartal III.

UMKM

Keunikan dan daya tarik UMKM Papua di pasar digital
Ada fakta yang menarik jika ternyata saat ini banyak UMKM di Papua yang telah memakai platform-platform digital untuk menunjang bisnis mereka. Bagi konsumen ini jelas kabar baik sebab mereka bisa membeli produk unggulan Papua secara online dengan lebih mudah dan praktis. Apalagi dalam beberapa waktu terakhir pasca-digelarnya PON XX Papua dan menjelang diselenggarakannya Peparnas 2021 di provinsi tersebut, produk-produk UMKM berupa suvenir unik khas bumi cenderawasih menjadi tren yang banyak diperbincangkan.

Lainnya

Indonesia Masuk Negara Level 1 Covid-19, Ini Kondisi Negara Tetangga
Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) merilis panduan kunjungan ke berbagai negara di dunia berdasarkan tingkat penularan Covid-19. Dalam travel recommendations yang dikeluarkan CDC, lembaga tersebut menetapkan Indonesia sebagai negara dengan tingkat penularan Covid-19 rendah atau Level 1.

Info Bank Indonesia

EKONOMI DIGITAL TERUS TUMBUH, QRIS TEMBUS 12 JUTA MERCHANT

Penggunaan pembayaran digital semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Hal ini ditandai oleh terjadinya peningkatan akseptasi penyediaan QR Code Indonesian Standard (QRIS) sebagai alat transaksi merchant. Sejak 1 November 2021, jumlah merchant QRIS telah menembus angka 12 juta. Jumlah ini meningkat signifikan dibandingkan akhir tahun 2020 sebesar 5,8 juta merchant, atau melebihi target perluasan QRIS yang telah dicanangkan BI bersama Industri pada Februari 2021. QRIS telah digunakan mulai dari pedagang mikro, kecil, menengah, dan besar, pada berbagai sektor usaha, serta juga digunakan untuk donasi sosial keagamaan di seluruh provinsi dan kabupaten/kotamadya. Sejak diimplementasikan di 1 Januari 2020, BI terus memperkuat kebijakan QRIS untuk mendorong akselerasi digitalisasi ekonomi dan keuangan yang inklusif dan efisien, serta mendukung program Pemerintah melalui Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) dan Bangga Berwisata Indonesia (GBWI).

Info Priangan Timur

Kota Tasikmalaya

Sehari 0 Kasus di Kota Tasik, Kamis Kemarin Muncul Lagi Pasien Positif Covid
Pandemi Covid-19 di Kota Tasikmalaya ternyata hanya 0 kasus sehari. Kemarin Rabu (03/11/21), Kota Tasikmalaya tak ada kasus positif Covid-19. Kamis (04/11/21) kemarin, muncul kembali kasus positif Covid. Berdasarkan data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tasik, hari Kamis muncul kembali 1 kasus

Kabupaten Tasikmalaya

Sebanyak 17 Rumah Warga di Sembilan Kecamatan di Kabupaten Tasik Rusak Akibat Bencana
Bencana longsor yang dipicu cuaca ektrem atau hujan dengan intensitas tinggi beberapa hari ini menyebabkan belasan rumah rusak. Bencana tersebut terjadi di sembilan kecamatan se-Kabupaten Tasikmalaya. Kejadian terbaru pada Rabu (3/11/2021) di Desa Cibahayu Kecamatan Kadipaten sekitar pukul 05.00 subuh terjadi longsor yang dipicu hujan deras disertai angin kencang.

Kabupaten Ciamis

Tebar Gurame Soang dan Launching Kampung Nila, Ikhtiar Pembudidaya Perikanan Ciamis Dorong Kesejahteraan
Perayaan ulang tahun ke-2 Pembudidaya Perikanan Ciamis (PPC) akan dijadikan momentum untuk lebih menguatkan kebersamaan serta mendorong budi daya perikanan menjadi salah satu lini usaha yang potensial dalam meraih kesejahteraan. Tebar benih ikan gurame soang di sebanyak 258 desa dan launching Kampung Nila di Kampung Banjarwaru, Desa Kawali, Kecamatan Kawali, merupakan titik awal sekaligus ikhtiar warga PPC dalam merealisasikan harapan tersebut.

Kota Banjar

Akhirnya Banjar Kini Hijau, Tinggalkan Kuning dan Merah
Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1 Kota Banjar membuat kota ini mengalami perubahan warna zonasi kejadian Covid-19. Dari zona kuning dan zona merah kasus terkonfirnasi positif Covid-19, kini berhasil ditinggalkan. Banjar pun berubah menjadi zona hijau alias nol kasus virus Corona. Sebelum mengalami perubahan ini Banjar berduka seiring banyaknya korban gegara Covid-19 yang meninggal dunia. Terhitung, kasus meninggal dunia totalnya 217 orang meliputi berstatus probable 69 orang dan terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 149 orang.

Kabupaten Pangandaran

Harga Minyak Goreng Melonjak
Harga minyak goreng curah di Kabupaten Pangandaran mengalami kenaikan signifikan. Kenaikan terjadi sejak pekan lalu. Hal tersebut dikatakan salah seorang penjual minyak curah di Pasar Parigi Yudi Hermawan. “Saya membeli dari pabrik sebesar Rp 18.100, kemudian dijual kembali sebesar Rp 19.000 per liter,” ungkapnya Selasa (2/11/2021). Sebelumnya, dia biasa menjual Rp 12.000 per liter dan dijual lagi Rp 13.000 per liternya. “Berangsur naik sampai Rp 18.100 per kilogramnya,” tuturnya.

Leave a comment

Design a site like this with WordPress.com
Get started