Kliping Berita 14 Oktober 2021

Berita Utama

Ekonomi

IMF Kembali Turunkan Target Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Jadi 3,2 Persen
Untuk kedua kalinya Dana Moneter Internasional (International Monetary Fund/IMF) memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun ini. Kali ini ekonomi Indonesia diperkirakan hanya akan naik sebesar 3,2 persen pada 2021 ini. Pada masa puncakya kasus pandemi Covid-19, Juli lalu, IMF memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia sebesar 3,9 persen dari tahun 2020.

UMKM

Dari UMKM Rumahan hingga Go Digital, Ini Kisah UMKM Opak Gulung Banyuwangi!
Memulai bisnis tak sama dengan bermain lotere atau mencoba peruntungan. Terlebih di masa pandemi, di mana pukulan ekonomi kerap menyerang para pebisnis kecil. Di sisi lain, tingkat persaingan bisnis pun kian meningkat di era digitalisasi. Akan tetapi, hal tersebut tak membuat Atik Samiati, pelaku UMKM asal Banyuwangi, menjadi gentar. Ia tetap berani terjun ke industri makanan, salah satu yang ramai persaingan.

Lainnya

Sektor Pariwisata Dibuka, Bali Siap Sambut Wisatawan dengan Aturan Ketat
Terkendalinya pandemi COVID-19 di Indonesia, menjadikan pemerintah memutuskan mengizinkan kembali beberapa kegiatan masyarakat, termasuk sektor pariwisata khsususnya di Pulau Bali. Kebijakan ini diambil sebagai upaya mendorong pemulihan aktivitas sosial ekonomi Bali, mengingat pariwisata adalah tulang punggung perekonomian setempat yang terdampak oleh pandemi. Menyusul wisatawan domestik, kali ini pintu masuk Bali akan dibuka bagi wisatawan mancanegara. Turis asing akan diperbolehkan berwisata di Pulau Bali dengan menaati peraturan yang berlaku. Aturan dimaksud seperti penerapan protokol kesehatan (Prokes) ketat, aturan terkait status vaksinasi, dan ketentuan karantina.

Info Bank Indonesia

SURVEI KEGIATAN DUNIA USAHA TRIWULAN III 2021: KEGIATAN DUNIA USAHA TETAP TUMBUH POSITIF

Hasil Survei Kegiatan Dunia Usaha (SKDU) mengindikasikan bahwa kegiatan dunia usaha pada triwulan III 2021 tetap tumbuh positif, meskipun melambat dibandingkan dengan capaian pada triwulan sebelumnya. Hal ini tercermin dari nilai Saldo Bersih Tertimbang (SBT) sebesar 7,58%, lebih rendah dari 18,98% pada triwulan II 2021. Sektor Pertanian, Perkebunan, Peternakan, Kehutanan dan Perikanan tercatat meningkat sejalan dengan panen komoditas tanaman bahan makanan (tabama), perkebunan, dan perikanan di sejumlah daerah. Sementara itu, perlambatan kinerja antara lain terjadi pada sektor Pertambangan dan Penggalian, sektor Perdagangan, Hotel dan Restoran, serta kegiatan usaha sektor Industri Pengolahan di tengah kebijakan pembatasan mobilitas.

Info Priangan Timur

Kota Tasikmalaya

Tak Ada Selebrasi di Hari Jadi Kota Tasik
Kondisi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung, ditambah ‘seretnya’ keuangan daerah. Memaksa pemerintah dan masyarakat tidak merayakan selebrasi atau perhelatan akbar pada peringatan Hari Jadi Kota Tasikmalaya ke-20 pada 17 Oktober tahun ini.

Kabupaten Tasikmalaya

Cetak Wirausaha Baru Melalui Pelatihan Menjahit
Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Koperasi, Usaha, Kecil, Menengah dan Tenaga Kerja Kabupaten Tasikmalaya menyelenggarakan kegiatan mobile training unit (MTU) berupa keterampilan menjahit di Kecamatan Tanjungjaya Kabupaten Tasikmalaya. Seorang instruktur menjahit Dede mengatakan sebelumnya para peserta pelatihan ini direkrut tim BLK bekerja sama dengan Pemerintah Kecamatan Tanjungjaya. Sehingga, peserta latihan kali ini khusus bagi masyarakat yang berdomisili di setempat.

Kabupaten Ciamis

Tempat Wisata Harus Mengutamakan Keamanan
Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis mengimbau para wisatawan untuk selalu waspada ketika berlibur ke objek wisata alam di tengah cuaca yang tidak menentu seperti ini. Maka dari itu, baik pengelola dan wisatawan harus selalu berhati-hati untuk menjaga keamanan, kebersihan dan kesehatan. Kepala Dinas Pariwisata H Wasdi Ijudin menagtakan, harus diakui bahwa wisata alam ini penuh dengan risiko. Sehingga pengelola wisata, desa, swasta di manapun termasuk wisatawannya untuk selalu meningkatkan kewaspadaan.

Kota Banjar

Jembatan Baru Kota Banjar Kembali Dioperasikan
Jembatan Citanduy I atau biasa dikenal Jembatan Baru (Jembar) yang menghubungkan Cipadung Kecamatan Purwaharja dengan Terminal Bus Kelurahan/Kecamatan Banjar kembali dioperasikan, Rabu (13/10/2021) pagi. ”Ya kita buka kembali Jembatan Baru (Jembar) pagi ini disaksikan oleh Kapolres Banjar (AKBP Ardiyaningsih SIK MSi) serta instansi terkait,” kata Kasat Lantas Polres Banjar AKP Purwadi kepada wartawan tadi pagi.

Kabupaten Pangandaran

Warga Kalipucang Raih Emas
Rendy Maulana, atlet dayung asal Kecamatan Kalipucang Kabupaten Pangandaran disambut warga saat pulang ke kampung halamannya. Rendy berjaya di cabang olahraga dayung dengan meraih medali emas pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

Leave a comment

Design a site like this with WordPress.com
Get started